Bertadaruslah Tiap Hari

Oktober 3, 2006 at 3:24 pm Tinggalkan komentar

Sudah saatnya tak hanya mengandalkan pengaruh psikologis.
doa.jpgRepublika, 03/10/06. Salah satu ibadah yang paling mulia dilakukan di bulan Ramadhan adalah membaca kitab suci Alquran. Tak heran karena Ramadhan adalah bulan Alquran. ‘Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran.’

Sebuah hadits berbunyi Sesungguhnya bagi tiap sesuatu ada musim seminya. Dan musim semi Alquran adalah bulan Ramadhan. Karena itu disunnahkan sepanjang hari, setiap detik, dan setiap hembusan nafas sepanjang bulan Ramadhan membaca Alquran.

Amat dianjurkan seorang Muslim menghatamkan Alquran pada bulan ini. Jika mungkin dianjurkan untuk menghatamkan satu kali sepanjang Ramadhan ini. Lebih baik lagi jika bisa khatam Alquran satu kali setiap enam hari.

Imam Zainal Abidin, ulama dan sufi besar sekaligus cucu Rasulullah SAW berkata ,”Apabila masuk bulan Ramadhan, maka jangan bicara apapun kecuali doa, bertasbih, istighfar dan takbir.”

Di masjid-masjid, kerap dilakukan tadarus Alquran atau membaca Alquran secara bergiliran. Tradisi ini tidak salah. Karena selain membaca kita juga mendengar orang lain membaca. Allah sendiri berjanji bahwa bagi yang membaca Alquran akan memperoleh ketenangan.

Hadis riwayat Tirmidzi menyatakan, ”Barangsiapa membaca satu huruf Alquran, maka pahala untuknya sepuluh kali lipat kebaikan.” Tentunya tak cukup hanya membaca. Kita perlu memahami kata membaca dalam makna lebih dalam. Kita bisa mempelajari sesuatu dan menggali makna sesuatu dengan mendalami makna Alquran.

Karena itu sudah sepantasnya Ramadhan kali ini mencoba membaca Alquran tidak saja ayat-ayatnya tapi juga terjemah dan tafsirnya. Pembantu Dekan II Fakultas Universitas Islam Negeri, Dr Masykur Hakim menjelaskan bahwa tradisi mengajarkan Alquran dan menghafal Alquran masih hidup. Namun ia meyakini bahwa seharusnya tradisi itu harus ditingkatkan menjadi kajian terhadap sains.

”Masih banyak umat Islam di Indonesia yang mengkaji dan mempelajari Alquran,” katanya. Hal itu akan lebih bermanfaat bila ditingkatkan pada penelaahan. Di luar negeri, katanya, banyak yang memperoleh penemuan yang sesuai dengan ajaran Alquran. Masykur Hakim menyatakan bahwa membaca Alquran harus juga didasari dengan maknanya. Sehingga fungsi Alquuran sebagai pedoman hidup benar-benar sampai. Kendati, karena mukjizatnya membaca Alquran saja sudah mendatangkan ketenangan jiwa. Ia menyatakan membaca harus komprehensif menyeluruh agar bisa menggali potensi sains umat yang tertinggal.

Direktur Utama Pusat Studi Alquran, Prof Nasaruddin Umar mengungkap Alquran tak pernah henti dipelajari. Selalu ada yang berusaha menghafalnya. Menurutnya mencintai Alquran memang harus ditanamkan sejak dini. ”Sehingga, power struggle mereka bertambah. Terlebih untuk membaca Alquran, kita diminta untuk berwudhu. Menurut penelitian psikologis, kata Nasruddin, berwudhu dapat menurunkan suasana psikologis kita dari beta menjadi alpha.

Ketika kita dalam posisi beta, sangat sulit untuk mengingat Allah. Hal itu karena kita tidak tenang dan fokus kita terbagi-bagi. Sedangkan, ketika dalam posisi alpha, ada konsentrasi batin sehingga kita khusyu mengingat Allah. ”Pasti lain membaca Alquran dari membaca koran. Lebih nyaman dan tenang. Itulah salah satu mukjizatnya.”

Terlebih lagi, membaca Alquran di bulan Ramadhan di mana membaca satu huruf pahalanya 10 kali lipat. ”Contohnya membaca alim lam mim. Pahalanya itu menjadi 30. Ini jaminan Rasulullah. Tapi Ramadhan kali ini barangkali kita bisa meningkatkan derajat pembacaan Alquran kita tidak terbatas membaca tapi mehamami maknanya.”

Nasaruddin Umar yang kini menjabat Dirjen Bimas Islam Departemen Agama menegaskan jika menggunakan skala prioritas, sebaiknya memahamai dan mempelajari kandungan hikmah Alqurah lebih baik sembari nantinya dihafal ayatnya. tid

Entry filed under: Iqra.

Shaum yang Diterima Puasa Membawa Implikasi bagi Kesehatan Jiwa

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2006
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts